Resep cara membuat kue wajik

RATU KULINER – Resep cara membuat kue wajik,kue wajik adalah jajanan tradisional khas jawa tengah yang rasanya sangat legit dan tidak kalah jika dibandingkan dengan masakan atau jajanan modern jaman sekarang.
Kue wajik terbuat dari bahan dasar ketan putih yang kalau didaerah jawa tengah biasanya sering digunakan untuk jamuas saat acara pesta pernikahan,sunatan,atau acara-acara lainya yang sifatnya setengah resmi,membuat kue wajik dibutuhkan kesabaran,karena kalau kurang sabar dalam mengaduk kue wajik tersebut akan cepat basi dan tidak tahan lama.
Warna coklat yang terdapat dari kue wajik tersebut berasal dari gula merah atau gula aren dan bukan pewarna,resep kue wajik ini dapat anda baca pada artikel ratu kuliner dibawah ini,yang perlu anda perhatikan adalah dalam memilih jenis ketan putih yang akan digunakan yaitu pilihlah ketan yang masih utuh alias tidak patah-patah dan padda saat mengukus ketan sabaiknya sesekali untuk memberikan percikan sedikit air panas diatas ketan yang anda kukus hal ini bertujuan agar ketan bisa matang dengan sempurna dan wajik yang dihasilkan dapat empuk.
Untuk dapat menyesuaikan warna coklat yang anda inginkan maka jika yang diinginkan warna coklat tua gula merah yang anda gunakan harus ditambah jumlahnya tapi kalau yang anda inginkan adlah warna coklat muda maka kurangi pemakaian gula merah dan ganti dengan sedikit gula putih.
Agar anda tidak penasaran maka dibawah ini adalah resep cara membuat kue wajik.
resep cara membuat kue wajik
Bahan-bahan
  • 400 gram ketan putih, cuci bersih, tiriskan
  • 25 ml air panas
  • 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 250 gr gula merah, sisir halus
  • 3 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam

Resep Cara membuat kue wajik

  1. Kukus beras ketan selama 30 menit, setelah 15 menit buka penutup kukusan dan perciki ketan yang sedang dikukus dengan air panas.
  2. Rebus santan dan gula merah hingga gula merah larut. Masukkan daun pandan dan garam. Aduk hingga santan meletup-letup. Matikan api.
  3. Masukkan ketan kukus kedalam santan, masak sambil terus diaduk di atas api kecil, hingga santan mengering dan kalis.
  4. Tuang adonan ketan ke dalam loyang 20x20x4 cm yang telah dialasi dengan daun pisang. Dinginkan. Potong-potong,dan kue wajik siap untuk disajikan.

ratukuliner

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..