KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT TAHU

RATU KULINER- Kandungan gizi dan manfaat tahu, Tahu terbuat dari biji kedelai yang terlebih dahulu di rendam semalaman sebelum di buat tahu yang sering kita konsumsi setiap hari , dan tahu juga sering kita jumpai di berbagai pasar tradisional di suluruh pelosok dunia. Tahu sering kita jadi kan sebuah menu masakan atau menu cemilan di saat-saat bersama keluarga atau teman dan kerabat kita. Berbagai macam menu masakan sering kita jumpai dan menu berbahan dasar tahu ini juga menjadi kesukaan banyak orang , memang terkadang ada beberapa orang yang tidak menyukai tahu ini karena takut akan naiknya kadar kolesterol dan asam urat.

 

Sebagai hasil olahan kacang kedelai , tahu merupakan makanan andalan untuk memperbaiki gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino terlengkap yang di yakini mempunyai daya cerna yang tinggi berkisar 80-98%. Kandungan gizi yang di niliki tahu memang tak sepadan dengan lauk ikan atau hewani  seperti daging, telur , ikan laut, dan sebaginya. Namun meski demikian tahu tetap menjadi buruan masyarakat untuk di jadikan menu masakan sehari-hari karena dari segi harga nya yang relatif murah dapat di jangkau semua kalangan.

 

Di dalam tahu ada beberapa kandungan gizi seperti lemak , protein ,karbohidrat, kalori , mineral, fosfor, vitamin B komplek, yang berfungsi untuk membantu membentuknya kerangka tulang. Dan yang perlu kita ketahui di dalam tahu terdapat 80% asam lemak tak jenuh dan tidak terlalu banyak mengandung kolesterol, sehingga aman  untuk kesehatan jantung. Bahkan karna kandungan hidrat arang dan kalori nya rendah, tahu bisa juga di jadikan menu diet rendah kalori.

 

Dan kami Ratu kuliner mencoba berbagi tips kesehatan kepada sahabat setia semua agar tidak selalu beranggapan bahwa mengkonsumsi tahu salah satu makanan yang menyebabkan kolesterol dan asam urat. Tapi tahu ini juga bisa menjadi salaah satu makan yang memang terbukti ampuh untuk mencegah gejala kangker payu dara. Dan bagi penderitanya yang mengkonsumsi tahu 25% nya mengalami peningkatan pembentukan estrogen dan dapat menurunkan tekanan darah di bandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

kandungan gizi dan manfaat tahu

 

Rahasia khasiat tahu teryata ada pada kandungan isovlavon  yang mengandung hormon estrogen, selain berfungsi sebagai pencegah gejala kangker payu dara , tahu juga bisa berfungsi sebagai hormon memperlambat penuan dini pada perempuan. Kandungan isovlavon bukan hanya terkandung pada tahu saja tapi juga pada makanan yang berbahan dasar kedelai , seperti tempe, kecap, susu kedelai, dan yang lainnya.

ratukuliner

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..